Cara Meraih Malam Lailatul Qadar



Banyak yang berpendapat kalau malam lailatul qadar itu ditandai dengan cuaca pada hari itu yang begitu sejuk, tidak mendung, dan terang. Tapi ternyata, ciri-ciri fisik ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan baku dalam menandai hadirnya malam lailatul qadar. Karena, sangat relatif, tergantung musim. Kalau musim hujan, ya pasti mendung, apalagi dengan perubahan iklim sekarang. Jadi, tanda-tanda fisik itu tidak bisa dijadikan ukuran. Tanda yang pasti adalah  Malam itu (penuh) keselamatan hingga terbit fajar".r" سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Salah satu tanda yang pasti dari lailatul qadar adalah, orang selalu merasa damai, selalu menebar kedamaian dalam hidupnya sampai dia meninggal dunia, bahkan sampai dibangkitkan kembali menyongsong fajar kehidupan yang baru. Tak ada seorang pun yang tahu kapan tamu agung itu akan datang. Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan malam yang lebih baik dari 1.000 bulan itu akan menghampiri hambanya. Terlebih, sebagai tamu agung, Lailatul Qadar hanya dianugerahkan kepada orang-orang yang mendapat taufik dan beramal saleh pada malam itu.  Mengapa begitu? Supaya kita semakin giat mencarinya sepanjang hari, khususnya pada malam-malam sepuluh terakhir Ramadhan.

Nah, maka dari itu, kita sebagai umat muslim hendaknya saling berlomba-lomba mendapatkan keberkahan di malam yang lebih baik dari 1000 bulan itu. Sangat disayangkan kalau kita menyia-nyiakannya, atau bahkan melakukan perbuatan yang lebih mengandung kemudharatan di sepuluh hari terakhir ramadhan. Berusahalah sebaik mungkin menanam kebaikan, perbanyak ibadah-ibadah sunnah, perbanyak i'tikaf di masjid. I'tikaf tidak langsung hanya berdiam diri saja di masjid, namun lebih diutamakan melakukan amalan-amalan.  

Berikut amalan-amalan yang disukai saat i'tikaf :
1. Solat
2. Memperbanyak baca Alqur'an
3. Memperbanyak zikir
4. Memperbanyak sholawat
5. Mengurangi hubungan dengan banyak orang

Perkara yang Makruh Dilakukan Saat Beri'tikaf :
1. Membisu
2. Berbisnis
3. Mengucap kata-kata yang mengandung dosa
Perkara yang Membatalkan I'tikaf : 
1. Murtad
2. Bersetubuh
3. Haid
4. Keluar dari tempat i'tikaf bukan karena alasan yang mendesak

Semuga tulisan sederhana ini Bermanfaat!


0 Response to "Cara Meraih Malam Lailatul Qadar"

Post a Comment