RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Inggris Kelas XI

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                     : SMA/SMK
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester       : XI/1
Materi Pokok           : Suggestion and Offer
Alokasi Waktu         : 4 x 45 JP (2 pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
1.  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,  menerapkan,  menganalisis  pengetahuan  faktual,  konseptual,  prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.  Mengolah, menalar,   dan menyaji   dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.5   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.6   Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melakukan komunikasi fungsional.
3.1.2          Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator:
a.       Siswa memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ungkapan memberi saran dan tawaran
b.      Siswa mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ungkapan memberi saran dan tawaran
c.       Siswa menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ungkapan memberi saran dan tawaran
4.17   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator:
Siswa terampil menggunakan teks lisan dan tulis sederhana, untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon ungkapan memberi saran dan tawaran.
C. Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu memahami, menerapkan dan menyusun teks lisan dan tulis tentang ungkapan pemberian saran dan tawaran dengan penuh percaya diri dan tanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
“Teks lisan dan tulis sederhana untuk  mengungkapkan pemberian saran dan tawaran”
1.       Fungsi Sosial :
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
2.       Struktur Teks :
a.    Gamal       : Why don’t you talk to your parents. You should let them know. I think they will understand.
Siti             : I don’t know. But I’m afraid they will be angry with me.
Gamal       : I don’t think so. Just go.
b.   Evi: He will go out from the class at 10. You can wait for him in my room.
      Johan: Thanks a lot. But I’d better go to bank first, and then I’ll go back
      Evi: Okay. I’ll tell him that you came.
3.       Unsur Kebahasaan
1.       Kosa kata terkait dengan kesehatan, tugas sekolah, kebersihan lingkungan , dsb.
2.       Tata bahasa:  simple past tense, simple present tense present perfect tense.
3.       Kata kerja bantu modal should, have to, can, will, dsb.
4.       Ungkapan I think, I know.
5.       Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
6.       Ucapan, tekanan kata, intonasi
7.       Ejaan dan tanda baca
8.       Tulisan tangan
E. METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan   : Scientific  Approach
2. Strategi           : Menyimak, diskusi kelompok, penugasan individu (Discovery Learning)
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
                1. Media
- PPt
- Video
                2. Alat / Bahan
                    - Sound
                    - Speaker
                    - Laptop
                    - LCD
3. Sumber Belajar
-  Buku
-  Teacher’s voice



G. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      Pertemuan 1
1.       Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.       Mengucapkan salam dan berdo’a bersama
b.      Memberi motivasi belajar
c.       Memberi brainstorming berupa pertanyaan yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan seperti :
-      Is it right that we should take gym about 30 min in a day to make our body healthy?
-      What should we do to keep our body slim?
d.      Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
(Based on my question previously, Now, please guess! What topic are we going to discuss today?)
e.      Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
(Yaitu materi tentang memberi saran dan tawaran serta responnya, bagaimana fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dan tata bahasa, intonasi, dsb)
2.       Kegiatan inti ( 65 menit)
Mengamati
a.       Siswa membaca dan menyimak banyak kalimat yang menyatakan dan menanyakan tentang pemberian saran dan tawaran yang terdapat dalam teks hal.9 (buku siswa)
b.      Siswa mengidentifikasi ciri kalimat dalam kelompok yang menyatakan dan menanyakan tentang pemberian saran dan tawaran dengan bimbingan dan arahan guru (Ex: We advice that he work hard  - Subject + verb + that + object)

Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan  antara lain berbagai ungkapan menyatakan tentang pemberian saran dan tawaran.

Mengeksplorasi
Siswa diminta menyimak percakapan pendek dari contoh script yang diberikan guru. Siswa meniru dan mengidentifkasi ciri-ciri interaksi memberi saran dan tawaran. Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran serta responnya dalam konteks pembelajaran

3.       Penutup  (10 menit)
Siswa diberi tugas untuk mencari dari sumber lainnya seperti teksbook dan internet yang berisi ungkapan menyatakan tentang pemberian saran dan tawaran.

PERTEMUAN KE-2
1.       Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
a.    Mengucapkan salam dan berdoa bersama
b.   Menanyakan tugas sebelumnya
c.    Mengulang kembali materi sebelumnya secara garis besarnya saja
2.       Kegiatan inti (65 menit)
Mengamati
a.       Siswa menyimak sebuah video tentang pemberian saran dan tawaran melalui youtube
b.      Siswa menirukan contoh-contoh kalimat yang ada dalam video pemberian saran dan tawaran
Mempertanyakan
Dengan bimbingan guru, siswa mempertanyakan berbagai ungkapan dalam bahasa inggris, perbedaan ungkapan yang ada dalam bahasa Indonesia, dan kemungkinan menggunakan ungkapan lain dsb.
Mengeksplorasi
a.    Siswa meringkas ulang hasil pengamatan melalui video
b.   Siswa memodifikasi hasil pengamatan dengan ungkapan mereka sendiri
                          Mengasosiasi
a.    Siswa membandingkan antara ungkapan yang ada di buku siswa dengan ungkapan yang mereka temukan dari sumber lain
b.   Siswa membandingkan ungkapan pemberian saran dan tawaran dalam bahasa inggris dan dalam bahasa Indonesia
                          Mengkomunikasikan
                                Secara individu siswa mempraktekkan pemberian saran dan tawaran di dalam kelas.
3.       Penutup  (10 menit)
-      Guru memberikan umpan balik pembelajaran
-      Salam
H. PENILAIAN
      1. Jenis / Teknik Penilaian
                -  Tes tulis dan tes kinerja: penilaian berlangsung sejak proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, hingga mengkomunikasikan.
      2. Bentuk Instrumen dan instrument
                Role Play (memerankan dialog dengan menggunakan ungkapan pemberian saran dan tawaran) dan tes tertulis (membuat dialog singkat tentang pemberian saran dan tawaran)
3.    Pedoman Penskoran
Rubrik
a.       Aspek Sikap
No.
Aspek yang dinilai

SIKAP


Selalu
(5)
Sering
(4)
Kadang
(3)
Jarang
(2)
Tidak
(1)
1
Tanggung jawab





2
Percaya diri





3
Kerjasama dalam kelompok





4
Santun





JUMLAH NILAI





RATA-RATA NILAI (dibulatkan kesatuan terdekat)


PREDIKAT



b.      Aspek Pengetahuan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Kelancaran
(fluency)
 3 = lancar
 2 = kurang lancar
1   = tidak lancar

2.
Pengucapan
(pronunciation)
 3 = baik
 2 = kurang baik
 1 = tidak baik

3.
Intonasi
(Intonation)
 3 = sesuai
 2 = kurang sesuai
 1 = tidak sesuai

4.
Pilihan kata
(Diction)
 3 = tepat
 2 = kurang tepat
 1 = tidak tepat





c.       Aspek Keterampilan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Melakukan tindak
komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatn
komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan
komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat


Mengetahui
Kepala Sekolah                                                            Bondowoso,.....................................2014
Guru Mata pelajaran

(................................)                                                                            (.................................)



0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Bahasa Inggris Kelas XI"

Post a Comment