NASEHAT IMAM GHOZALI MENJELANG SAKARATUL MAUT

NASEHAT IMAM GHAZALI MENJELANG SAKARATUL MAUT

nasehat menjelang sakaratul maut

TIDAK BISA DIPUNGKIRI, MAUT MERUPAKAN HAL YANG AMAT MENGERIKAN TETAPI TETAP AKAN DATANG

DAHSYATNYA SAKARATUL MAUT
(Bacalah Dengan Nama Rabmu)
.
Imam Ghozali mengatakan bahwa, “Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi bisa berbicara sekejab, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kalian sendiri”. (Imam Ghozali mengutip atsar Al-Hasan).
.
Rasulullah SAW bersabda bahwa, "Sakaratul maut itu sakitnya sama dengan tusukan tiga ratus pedang." (HR. Tirmidzi)
.
Kemudian Rasulullah SAW juga bersabda bahwa, "Kematian yang paling ringan ibarat sebatang pohon penuh duri yang menancap di selembar kain sutera. Apakah batang pohon duri itu dapat diambil tanpa membawa serta bagian kain sutera yang tersobek ?" (HR Bukhari)
.
Imam Ghozali bahkan berpendapat bahwa "Sakaratul maut ibarat sebatang pohon berduri yang dimasukkan dalam perut seseorang. Kemudian seorang lelaki menariknya dengan sekuat-kuatnya sehingga ranting itupun membawa semua bagian tubuh yang tersengkut padanya dan meninggalkan yang tersisa."
.
Imam Ghozali juga mengatakan bahwa, "Rasa sakit yang dirasakan selama sakaratul maut seperti menghujam jiwa san menyebar ke seluruh anggota tubuh sehingga bagian orang yang sedang sekarat merasakan bahwa dirinya ditarik-tarik dan dicabut dari setiap urat nadi, urat syaraf, persendian, dan dari setiap akar rambut serta kulit kepala hingga kaki."
.
Ya Allah, Ampunilah dosaku, kedua orangtuaku, termasuk yang sedang membaca tulisan ini, semog kami dalam keadaan husnul khatimah AAMIIN....!!

2 Responses to " NASEHAT IMAM GHOZALI MENJELANG SAKARATUL MAUT "

  1. Aamiin...
    Semoga kita semua dapat mudah melewati sakaratul maut dan mati dalam keadaan Husnul khatimah..

    ReplyDelete