PELAKU RIBA PEMINJAM DAN YANG MEMINJAMKAN

Dari sekian Banyak riba yang telah kita lakukan terkadang sudah lupa bahwa sanya dosa riba itu sangat besar. bahkan disamakan dengan dosa menzinai ibunya. Riba saat ini sudah menjadi kebiasaan dan sudah dianggap wajar dengan dalih mencari penghasilan. Bukankah mencari penhasilan tidak hanya dengan riba. masih banyak cara lain yang mana di dalamnya tidak mengandung riba.

Siapakah yang dosa dalam Riba Peminjam yang meminjamkan
Lalu siapakah yang dosa dalam praktek riba? hal ini di jelasakan dalam hadist berikut:

“Rasulullah SAW telah  melaknat pemakan riba (pemberi pinjaman), peminjam (nasabah), pencatat (sekretaris) dan dua orang saksinya.” Beliau mengatakan, “Mereka semua itu sama (sama-sama berdosa).” (HR Muslim).

Jadi sangat jelas siapa saja yang masuk dalam Pelaku Riba , seperti apakah dosa-dosa riba? dan apa siksa riba Baca >>> Ayat dan Hadist Dali Tentang Dosa Riba

8 Responses to " PELAKU RIBA PEMINJAM DAN YANG MEMINJAMKAN "

  1. Riba ini seperti susunan menara lego. Kalau sudah runtuh habis semua kena imbasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mas, dan susunan lego itu terlihat indah dan tampak seperti satu-satunya solusi hidup. padahal sebaliknya.

      Delete
  2. nauzubillah min zalik, semoga kita dihindarkan dari riba ini...dan semoga Allah memampukan secara ekonomi kita..aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin ya robbal alamin.
      Ya Allah jauhkan kami dan teman-teman kami dan keluarga kami dari Riba

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. ASALAMUALAIKUM WR.WB

    Salam silaturahmi , maksud dan tujuan menulis pengalaman hidup ini semoga dapat membantu dan mejadikan motivasi bagi yang membaca, agar dalam menjalani hidup ini apalagi
    yang dirundung permasalahan atau cobaan dapat mempunyai semangat juang serta usaha dan kerja keras dalam menghadapi nya .AMINN
    Singkat cerita pada tahun 2000 sampai 2010 saya bisa di katakan orang terpandang yang mempunyai kedudukan selalu di hargai orang dan sukses dalam segi usaha dan ekonomi
    hari2 yang saya jalani terasa indah dan tentram terasa seperti tiada hambatan dalam menjalani hidup . apapun yang saya ingin kan terpenuhi bahkan dulu saya memiliki
    rumah dengan nilai milyaran dan mobil sport bahkan dengan keadaan dan situasi itu saya mampu melakukan apapun ,tapi saya lupa akan semua ini bahwa apa yang ada di dunia
    ini semua hanya titipan karena ketika kematian datang dan ajal menjemput dan tiba di dunia kahirat tiada 1 pun yang bisa membantu apa lagi harta kecuali amal dan dan ibadah serta perbuatan kita yg baik .
    Cobaan pun datang di awal 2011 semua nya seperti mimpi , sangat mudah nya allah membalikkan keadaan kepada diri saya usaha yang saya perjuangkan selama ini tiba2 di rundung permasalahan hingga mendekati kebangkrutan
    di tambah banyak hutang yang harus saya bayar akibat kerugian usaha yg saya alami . akhir nya untuk menyelsaikan itu semua saya harus menjual semua aset yang saya miliki sampai hanya tersisa rumah yg saya tempati sekarang.
    astafirullahalzim, di dalam fikiran saya mngkin ini teguran dari allah atas semua perbuatan yang telah saya lakukan lupa akan semua harta yg di dunia ini hanya titipan,lupa akan setiap harta yg di miliki ada hak2 orang lain,lupa akan maha pencipta.
    seiring berjalan semua nya tetap saya jalani meskipun berat dan beban bagi saya dan keluarga untuk menjalani ini semua bahkan untuk mencukupi kebutuhan sehari pun saya
    dan keluarga pada saat itu susah, bahkan semua keluarga dan sahabat ketika tau posisi saya tahu pada saat itu bukan nya membantu malahan menjauh bahkan mencibir saya .

    7 tahun sudah beralalu saat ini alhamdulillah saya sudah mampu bangkit lagi memulai usaha dari nol dengan hasil yang kecil sampai besar semua nya saya syukuri yang penting berkah , semua kesalahan yang saya lakukan di masa lalu
    saya jadikan pelajaran yang sangat beharga agar kedepan saya dapat menjadi yang lebih baik selalu di jalan allah swt dan selalu ingat akan maha pencipta .
    karena yakin la setiap perbuatan dan tingkah laku yang kita buat di dunia ini BAIK dan BURUK pasti akan mendapatkan balasan nya .
    berjuang dan berusaha la serta tumbuhkan rasa semngat pantang menyerah dan yakin lah bahwa allah tidak diam melihat hambanya yang kesusahan apalagi yang selalu berusaha. bagi hamba2 allah selalu ikhtiar perbanyak sedekah dan selalu menjalan perintah allah
    insyallah akan selalu ada jalan kapan pun dan dalam bentun apapun .

    WASALAM .....
    BAGI YANG MAU BERBAGI PENGALAMAN DAN KONSULTASI SILAHKAN EMAIL :ALVINPRAYOGA70@GMAIL.COM

    ReplyDelete
  5. Minta pencerahan, bagaimana saya menjelaskan ke keluarga saya yang memandang enteng dosa riba...
    Dan bagaimana sikap saya atas saran mereka agar saya kredit rumah melalui kpr....

    ReplyDelete
  6. Saya saat ini sedang bingung, saya sdh terlanjur kpr, saya ingin berhenti dr riba ini, jk saya jual rumah ini ke orang / over kredit apakah saya berdosa karena mengantarkan orang ke riba???

    ReplyDelete