Kapal Masa Depan Super Canggih

Kapal Masa Depan, Berbentuk Pari Raksasa Hingga Bertenaga Angin

Kapal menjadi satu-satunya transportasi zaman dulu yang digunakan umat manusia mengarungi luasnya laut biru, berpindah dari satu samudra ke samudra lain menemukan benua-benua baru komplit dengan kehidupan para penghuninya.

Yaa... sebelum pesawat ada, kapalaah yang menjadi primadona, transportasi besar yang bisa memindahkan banyak orang dari satu pulau ke pulau lain.

Namun, tak bisa dipungkiri pula, seiring berkembangnya teknologi, kapal tak lagi menjadi pilihan nomor satu karena kebutuhan manusia yang serba cepat dan harus sat-set sat-set.

Meski begitu eksistensi kapal tetap bertahan, bahkan bisa mengikuti perkembangan zaman dengan inovasi-inovasi terbaru yang membuat kapal tak lagi sekedar transportasi tapi juga gaya hidup yang menawarkan kemewahan bahkan menjadi alat untuk mempermudah penelitian.

Berikut kapal-kapal masa depan yang akan membuat umat manusia berdecak kagum karena keindahan dan kemewahannya serta fungsinya yang menakjubkan.

1. City of Meriens

https://www.autoevolution.com

City of Meriens ialah kapal yang berbentuk ikan pari raksasa yang dikembangkan oleh seorang arsitek asal Perancis, Jacques Rougerie.

Desain ikan pari yang ia pakai bertujuan untuk membangun kota mengambang di atas laut yang akan digunakan untuk keperluan penelitian ilmiah dalam pengamatan berbagai macam ekosistem di lautan lepas.

Selain sebagai tempat penelitian di atas kapal yang super besar itu juga diharapkan dapat dibangun sebuah kampus yang akan menunjang proses penelitian-penelitian lain.

Diperkirakan kapal buatan Rougerie ini memiliki lebar 1.650 kaki dan panjang 2.950 kaki yang membuat kapal-kapal lain terlihat seperti perahu-perahu kecil saja.

City Mariens ini juga didesain agar bisa memanfaatkan sumber energi terbarukan dan dirancang ramah lingkungan sehingga tidak menghasilkan sampah yang berserakan di lautan.

2. Mayflower Autonomous Ship

Mayflower Autonomous Ship
https://venturebeat.com

Kapal yang satu ini merupakan hasil dari kolaborasi dari Universitas Plymouth dan perusahaan kapal tanpa awak MSubs dan Shuttleworth Design yang akan digunakan untuk kapal penelitian kelautan bertenaga AI yang sepenuhnya otonom.

Proyek Mayflower Autonomous Ship atau MAS ini merupakan prakarsa akar rumput yang dipimpin langsung oleh riset kelautan nirlaba ProMAre dengan dukungan IMB serta Konsorsium mitra global.

MAs juga bekerja sama dengan beberapa ahli kelautan dan kapal lainnya yang akan memberikan pilihan fleksibel, ramah kantong serta aman untuk mengumpulkan data-data penting tentang laut yang memiliki peralatan ilmiah sendiri untuk mengoptimalkan rute maupun misinya.

MAS sendiri menggunakan teknologi AI tanpa kapten dan awak kapal yang diotomatisasi untuk melintasi lautan dalam pencarian data dan penemuan dengan 6 kamera bertenaga AI, 30 sensor bawah laut dan 15 perangkat tepi yang melengkapinya.

3. Kapal Blue Sapphire
Kapal Blue Sapphire
https://en.wikipedia.org
Selain kapal untuk penelitian di masa depan umat manusia juga bisa melakukan perjalanan menjelajah laut seperti dalam film Titanic yang sangat melegenda dengan kapal pesiar modern bernama Blue Sapphire.

Blue Sapphire merupakan kapal tipe-C yang dilengkapi dengan Liquefied Natural GAS atau LNG yang berada di lambung kapal bagian bawah dan dilengkapi dengan 21,6 mega watt untuk generator listrik yang akan menggerakan kedua propulsion.

Dengan berbagai kelebihan itu Blue Sapphire diharapkan mampu berlayar selama tiga minggu penuh tanpa bingung harus mengisi bahan bakar lagi.

4. AAWA
AAWA SHIP
https://www.mantabz.com

Di Tahun 2014, Rolls-Royce telah meluncurkan konsep kapal kargo tanpa awak dalam yang direncanakan akan terealisasi pada tahun 2020 lalu.

Di Tahun 2016 pada pagelaran Autonomous Ship Technology Symposium yang berlangsung di Amsterdam Konsep kapal kargo tanpa awak ini pun untuk pertama kalinya diperkenalkan secara publik.

Inovasinya ini diberi nama Autonomous Waterbone Application yang disingkat AAWA yang tanpa awak dan akan dikemudikan oleh komputer yang dikendalikan operator yang berada di daratan.

Dari bentuknya, AAWA memiliki body yang besar bak raksasa dengan permukaan halus dan terlihat seperti seekor ikan paus di lautan.

Strukturnya pun terlihat sangat luar biasa dan bisa mengarungi lautan tanpa kebisingan karena mesin ramah lingkungan yang digunakannya.

5. T2050
T2050 Ship
https://edition.cnn.com

Di masa depan kapal perang pun akan memiliki desain yang luar biasa bahkan bisa dikendalikan jarak jauh tanpa memerlukan awak.

Yapsss.... kapal T2050 akan menjadi kapal perang masa depan tanpa awak yang konsepnya berasal dari gabungan tiga jenis kapal, yaitu kapal Sea Shadow milik angkatan laut Amerika, kapal G.I Joe dan kapal Trimaran. Sementara bentuknya diadaptasi dari bentuk kapal perusak Zumwalt milik AL AS.

Nantinya, kapal ini akan digunakan untuk mengangkut senjata beserta amunisi yang masih belum ada dalam kapal-kapal sejenis. T2050 juga dilengkapi dengan landasan pacu di bagian belakang yang berguna untuk mendaratkan helikopter hingga meluncurkan dornes.

6. The Turanor

Panel surya merupakan salah satu alternatif energi yang akan banyak digunakan di masa depan, begitu pula dalam industri kapal laut.
The Turanor Ship
https://luxatic.com

The Turanor menjadi salah satu kapal masa depan yang menggunakan panel surya sebagai sumber energinya. bahkan The Turanor menjadi kapal tenaga surya terbesar yang pernah ada di dunia.

Kapal yang namanya diambil dari buku fantasi karya J.R.R Tolkien ini akan digunakan untuk ekspedisi penelitian keadaan laut dan atmosfer. The Turanor memang sangat cocok dengan misi ini karena ia tidak akan mengeluarkan emisi gas sama sekali yang akan mempengaruhi hasil penelitian.

Dibangun dengan biaya mahal, kapal ini memiliki berat hingga 100 tons lengkapi dengan mesin berkekuatan 5 knots yang dihasilkan dari 29,124 panel surya.
Namun, jika dibandingkan dengan kapal kontainer, yang mengangkut 150.000 ton, The Turanor masih kalah cepat karena geraknya yang cukup lambat.

7. Vindskip


Selain bertenaga matahari, kapal masa depan juga ada yang bertenaga angin seperti Vindskip yang jika diterjemahkan menjadi Windship atau kapal angin.

Vindskip Ship
www.windfair.ne

Vindskip memiliki sistem propulsion yang didukung pembangkit listrik hybrid yang menggunakan bahan bakar LNG. Sementara itu listrik yang dihasilkan oleh lambung kapal memanfaatkan aerodinamika yang menghasilkan daya angkat.

Kapal ini juga dilengkapi dengan komputer  yang bisa mencari rute terbaik lewat data meteorologi yang bertujuan untuk menghasilkan energi listrik secara maksimal yang memanfaatkan energi angin.

Ketika akan berlayar, kapal akan menggunakan energi LNG terlebih dahulu, saat sudah bisa bergerak dengan kecepatan stabil dan telah mendapat sumber energi angin  yang cukup barulah Vindskip menggunakan tenaga angin untuk melanjutkan pelayaran.

Yaa itulah tadi kapal-kapal masa depan dengan teknologi terbaru dan terobosan-terobosan menarik yang membuatmu berdecak kagum karena kemewahan, kekuatan dan fungsi-fungsinya.
Mana yang jadi favorit kalian? jangan ragu buat kasih tau di kolom komentar dan selamat berjuma di video selanjutnya.

0 Response to "Kapal Masa Depan Super Canggih"

Post a Comment