TERJEMAH DAN HAROKAT LENGKAP MATAN FATHUL QORIB
TERJEMAH KITAB FATHUL QORIB
HAROKAT KITAB FATHUL QORIB
TERJEMAH DAN HAROKAT FATHUL QORIB BAB TOHAROH |
كِتَابُ الطَّهَارَةِ
(Bab
Bersuci)
أَنْوَاعُ اْلمِيَاهِ
(Macam-macam
Air)
Air yang boleh (sah)
digunakan untuk bersuci ada tujuh macam: [1] Air hujan, [2] air laut, [3] air
sungai, [4] air sumur, [5] air sumber, [6] air es, dan [7] air embun. |
اَلمِيَاهُ الَّتِي
يَجُوْزُ بِهَا التَّطْهِيْرُ سَبْعُ مِيَاهٍ: مَاءُ السَّمَاءِ وَمَاءُ
اْلبَحْرِ وَمَاءُ النَّهْرِ وَمَاءُ اْلبِئْرِ وَمَاءُ اْلعَيْنِ وَمَاءُ
الثَّلْجِ وَمَاءُ اْلبَرَدِ |
أَقْسَامُ اْلمِيَاهِ
(Pembagian
Air)
Air dibagi menjadi
empat bagian |
ثُمَّ اْلمِيَاهُ
عَلَى أَرْبَعَةِ أَقْسَامٍ |
[1] Suci dan tidak
makruh untuk bersuci, yaitu air mutlak |
طَاهِرٍ غَيْرِ
مَكْرُوْهٍ وَهُوَ اْلمَاءُ اْلمُطْلَقُ |
[2] Suci dan
menyucikan, tetapi makruh untuk bersuci, yaitu air yang dipanaskan dengan
sinar matahari. |
وَطَاهِرٍ مُطَهِّرٍ
مَكْرُوْهٍ وَهُوَ اْلمَاءُ اْلمُشَمَّسُ |
[3] Suci tetapi
tidak menyucikan, yaitu air musta’mal dan air yang berubah warna bau dan
rasanya karena bercampur dengan benda-benda yang suci. |
وَطَاهِرٍ غَيْرِ
مُطَهِّرٍ وَهُوَ اْلمَاءُ اْلمُسْتَعْمَلُ وَاْلمُتَغَيِّرُ بِمَا خَالَطَهُ
مِنَ الطَّاهِرَاتِ |
[4] Air najis, yaitu
air kurang dari dua kulah yang kejatuhan (tercampur) najis, atau lebih dari
dua kulah, tetapi berubah warna, rasa, dan baunya |
وَمَاءٍ نَجَسٍ
وَهُوَ الَّذِيْ حَلَّتْ فِيْهِ نَجَاسَةٌ وَهُوَ دُوْنَ اْلقُلَّتَيْنِ أَوْ
كَانَ قُلَّتَيْنِ فَتَغَيَّرَ |
Dua kulah menurut
pendapat yang paling sahih adalah 500 kati ukuran Baghdad |
وَاْلقُلَّتَانِ
خَمْسُمِائَةِ رِطْلٍ بَغْدَادِيٍّ تَقْرِيْبًا فِيْ اْلأَصَحِّ |
تَطْهِيْرُ
جُلُوْدِ اْلمَيْتَةِ
(Menyucikan Kulit Bangkai Binatang)
فَصْلٌ: وَجُلُوْدُ
اْلمَيْتَةِ تَطْهُرُ بِالدِّبَاغِ إِلاَّ جِلْدَ اْلكَلْبِ وَاْلخِنْزِيْرِ
وَمَا تَوَلَّدَ مِنْهُمَا أَوْ مِنْ أَحَدِهِمَا |
Pasal:
Kulit binatang dapat berubah menjadi suci jika disamak, kecuali kulit anjing,
kulit babi, dan kulit binatang yang lahir dari keduanya atau salah satunya. |
وَعَظْمُ اْلمَيْتَةِ وَشَعْرُهَا
نَجَسٌ إِلَّا اْلآدَمِيَّ |
Tulang
dan rambut bangkai hukumnya najis, kecuali tulang dan rambut manusia. |
اِسْتِعْمَالُ
اْلأَوَانِي
(Menggunakan Bejana/Perabotan)
فصل: وَلَا
يَجُوْزُ اِسْتِعْمَالُ أَوَانِي الذَّهَبِ وَاْلفِضَّةِ، وَيَجُوْزُ
اِسْتِعْمَالُ غَيْرِهِمَا مِنَ اْلأَوَانِي |
Pasal:
Tidak boleh hukumnya menggunakan bejana-bejana yang terbuat dari emas dan
perak, dan boleh menggunakan bejana-bejana yang terbuat dari selain keduanya. |
السِّوَاكُ
(Memakai Siwak)
Memakai siwak
dianjurkan (disunahkan) disegala kondisi, kecuali setelah matahari
tergelincir bagi orang yang berpuasa. |
فصل: وَالسِّوَاكُ
مُسْتَحَبٌّ فِيْ كُلِّ حَالٍ إِلاَّ بَعْدَ الزَّوَالِ لِلصَّائِمِ |
Memakai siwak sangat
dianjurkan dalam tiga kondisi: ketika mulut telah berubah (menjadi bau),
ketika bangun tidur, dan ketika hendak mengerjakan salat |
وَهُوَ فِيْ
ثَلَاثَةِ مَوَاضِعَ أَشَدُّ اِسْتِحْبَابًا: عِنْدَ تَغَيُّرِ اْلفَمِ مِنْ
أَزْمٍ وَغَيْرِهِ وَعِنْدَ اْلقِيَامِ مِنَ النَّوْمِ، وَعِنْدَ اْلقِيَامِ
إِلَى الصَّلَاةِ |
فُرُوْضُ اْلوُضُوْءِ
(Fardhu Wudhu)
فصل: وَفُرُوْضُ
اْلوُضُوْءِ سِتَّةُ أَشْيَاءَ |
Pasal:
Fardhu wudhu ada enam. |
اَلنِّيَّةُ عِنْدَ غَسْلِ
اْلوَجْهِ |
Pertama,
berniat saat membasuh wajah. |
وَغَسْلُ اْلوَجْهِ |
Kedua,
membasuh wajah. |
وَغَسْلُ اْليَدَيْنِ إِلَى
اْلمِرْفَقَيْنِ |
Ketiga,
membasuh kedua tangan sampai siku. |
وَمَسْحُ بَعْضِ الرَّأْسِ |
Keempat,
mengusap sebagian rambut. |
وَغَسْلُ الرِّجْلَيْنِ إِلَى
اْلكَعْبَيْنِ |
Kelima,
membasuh dua kaki hingga mata kaki. |
وَالتَّرْتِيْبُ عَلَى مَا
ذَكَرْنَاهُ |
Keenam,
dan tertib (berurutan). |
سُنَنُ اْلوُضُوْءِ
(Sunah-sunah Wudhu)
وَسُنَنُهُ عَشْرَةُ أَشْيَاءَ |
Sunah
wudhu ada enam. |
اَلتَّسْمِيَةُ، وَغَسْلُ
اْلكَفَّيْنِ قَبْلَ إِدْخَالِهِمَا اْلإِنَاءَ، وَاْلمَضْمَضَةُ
،وَاْلاِسْتِنْشَاقُ، وَمَسْحُ جَمِيْعِ الرَّأْسِ، وَمَسْحُ اْلأُذُنَيْنِ
ظَاهِرِهِمَا وَبَاطِنِهِمَا بِمَاءٍ جَدِيْدٍ، وَتَخْلِيْلُ اللِّحْيَةِ
اْلكَثَّةِ، وَتَخْلِيْلُ أَصَابِعِ اْليَدَيْنِ وَالرِّجْلَيْنِ، وَتَقْدِيْمُ
اْليُمْنَى عَلَى اْليُسْرَى، وَالطَّهَارَةُ ثَلَاثًا ثَلَاثًا،
وَاْلمُوَالَاةُ |
Pertama, membaca bismillah; kedua
mencuci kedua telapak tangan sebelum memasukkannya ke dalam air; ketiga,
berkumur; keempat, menghirup air melalui hidung; kelima, mengusap seluruh
rambut; keenam, mengusap kedua telinga, baik bagian dalam maupun luar, dengan
air baru; ketujuh, membasuh sela-sela jenggot yang lebat serta membasuh
sela-sela jari-jari tangan dan kaki; kedelapan, mendahulukan anggota badan
sebelah kanan ketimbang yang kiri; kesembilan, bersuci masing-masing sebanyak
tiga kali; kesepuluh, berkesinambungan (tidak terputus-putus). |
اْلاِسْتِنْجَاءُ
(Istinjak)
فصل: وَاْلاِسْتِنْجَاءُ
وَاجِبٌ مِنَ اْلبَوْلِ وَاْلغَائِطِ |
Pasal:
Istinjak hukumnya wajib setelah kencing dan buang air besar. |
وَاْلأَفْضَلُ أَنْ يَسْتَنْجِيَ
بِاْلأَحْجَارِ ثُمَّ يُتْبِعُهَا بِاْلمَاءِ |
Akan
lebih utama jika seseorang istinjak dengan batu-batu lalu diikuti dengan air. |
وَيَجُوْزُ أَنْ يَقْتَصِرَ عَلَى
اْلمَاءِ أَوْ عَلَى ثَلَاثَةِ أَحْجَارٍ يَنْقَى بِهِنَّ اْلمَحَلُّ |
Boleh
hukumnya istinjak dengan air saja atau dengan tiga batu yang sekiranya dapat
membersihkan tempat keluarnya kotoran. |
فَإِذَا أَرَادَ اْلاِقْتِصَارَ
عَلَى أَحَدِهِمَا فَاْلمَاءُ أَفْضَلُ |
Jika
seseorang ingin istinjak dengan salah satunya, maka istinjak dengan air lebih
baik. |
وَيَجْتَنِبُ اْستِقْبَالَ
اْلقِبْلَةِ وَاسْتِدْبَارَهَا فِي الصَّحْرَاءِ |
Seseorang
hendaknya menghindari menghadap kiblat dan membelakanginya (jika dia buang
air) di gurun. |
وَيَجْتَنِبُ اْلبَوْلَ
وَاْلغَائِطَ فِيْ اْلمَاءِ الرَّاكِدِ، وَتَحْتَ الشَّجَرَةِ اْلمُثْمِرَةِ،
وَفِي الطَّرِيْقِ، وَالظِّلِّ، وَالثُّقْبِ |
Seseorang
hendaknya menghindari buang air kecil dan buang air besar di air yang tenang
(tidak mengalir), di bawah pohon yang sedang berbuah, di jalan, di bawah
pohon yang rindang, dan di dalam lubang. |
وَلَا يَتَكَلَّمُ عَلَى اْلبَوْلِ وَاْلغَائِطِ |
Dia
hendaknya tidak berbicara saat buang air kecil dan buang air besar. |
وَلَا يَسْتَقْبِلُ الشَّمْسَ
وَاْلقَمَرَ وَلَا يَسْتَدْبِرُهُمَا |
Dia
hendaknya tidak menghadap matahari dan bulan atau membelakangi keduanya. |
نَوَاقِضُ اْلوُضُوْءِ
(Hal-hal yang Membatalkan Wudhu)
فَصْلٌ: وَالَّذِيْ يَنْقُضُ
اْلوُضُوْءَ سِتَّةُ أَشْيَاءَ |
Pasal:
Perkara-perkara yang membatalkan wudhu ada enam |
مَا خَرَجَ مِنَ السَّبِيْلَيْنِ،
وَالنَّوْمُ عَلَى غَيْرِ هَيْئَةِ اْلمُتَمَكِّنِ، وَزَوَالُ اْلعَقْلِ
بِسَكْرٍ أَوْ مَرَضٍ، وَلَمْسُ الرَّجُلُ اْلمَرْأَةَ اْلأَجْنَبِيَّةَ مِنْ
غَيْرِ حَائِلٍ، وَمَسُّ فَرْجِ اْلآدَمِيِّ بِبَاطِنِ اْلكَفِّ، وَمَسُّ
حِلْقَةِ دُبُرِهِ عَلَى اْلجَدِيْدِ |
Segala
sesuatu yang keluar dari lubang kemaluan dan dubur, tidur dalam posisi tidak
mutamakkin (menetap), hilang akal, baik karena mabuk maupun sakit (gila),
lelaki menyentuh wanita bukan muhrim tanpa penghalang, menyentuh kemaluan
manusia dengan telapak tangan, dan menyentuh lubang dubur menurut qaul
jadid. |
مُوْجِبَاتُ
اْلغُسْلِ
(Hal-hal yang Mewajibkan Mandi)
فَصْلٌ: وَالَّذِيْ يُوْجِبُ
اْلغُسْلَ سِتَّةُ أَشْيَاءَ |
Perkara
yang mewajibkan mandi ada enam |
ثَلَاثَةٌ تَشْتَرِكُ فِيْهَا
الرِّجَالُ وَالنِّسَاءُ، وَهِيَ: اْلتِقَاءُ اْلخِتَانَيْنِ، وَإِنْزَالُ
اْلمَنِيِّ، وَاْلمَوْتُ |
Tiga
diantaranya untuk laki-laki dan perempuan,
yaitu: [1] bertemunya dua khitan, [2] keluar mani, dan [3] mati. |
وَثَلَاثَةٌ تَخْتَصُّ بِهَا
النِّسَاءُ، وَهِيَ: اْلحَيْضُ، وَالنِّفَاسُ، وَاْلوِلَادَةُ |
Sedangkan
tiga lainnya hanya untuk perempuan, yaitu: [1] haid, [2] nifas, dan [3] melahirkan. |
فَرَائِضُ
اْلغُسْلِ
(Fardhu-fardhu Mandi)
فَصْلٌ: وَفَرَائِضُ اْلغُسْلِ
ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ |
Pasal:
Fardhu mandi ada tiga. |
اَلنِّيَّةُ، وَإِزَالَةُ
النَّجَاسَةِ إِنْ كَانَتْ عَلَى بَدَنِهِ، وَإِيْصَالُ اْلمـَاءِ إِلَى
جَمِيْعِ الشَّعْرِ وَاْلبَشَرَةِ |
Pertama
niat, kedua menghilangkan najis yang menempel di badan, dan ketiga
menyiramkan air ke seluruh permukaan rambut dan kulit. |
سُنَنُ
اْلغُسْلِ
esunahan-kesunahan MandiK
وَسُنَنُهُ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ |
Sunah
mandi ada lima: |
اَلتَّسْمِيَةُ، وَاْلوُضُوْءُ
قَبْلَهُ، وَإِمْرَارُ اْليَدِ عَلَى اْلجَسَدِ، وَاْلمُوَالَاةُ، وَتَقْدِيْمُ
اْليُمْنَى عَلَى اْليُسْرَى |
Pertama
membaca bismillah, berwudhu sebelum mandi, menggosok badan dengan tangan,
berkesinambungan (tidak terputus), dan mendahulukan anggota badan sebelah
kanan ketimbang anggota badan sebelah kiri. |
اْلاِغْتِسَالَاتُ
اْلمَسْنُوْنَةُ
(Macam-macam Mandi yang Disunahkan)
فَصْلٌ: وَاْلاِغْتِسَالَاتُ
اْلمَسْنُوْنَةُ سَبْعَةَ عَشَرَ غُسْلًا |
Mandi
yang disunahkan ada 17 macam |
غَسْلُ اْلجُمُعَةِ،
وَاْلعِيْدَيْنِ، وَاْلاِسْتِسْقَاَءُ، وَاْلخُسُوْفُ، وَاْلكُسُوْفُ،
وَاْلغُسْلُ مِنْ غُسْلِ اْلمَيِّتِ، وَاْلكَافِرُ إِذَا أَسْلَمَ،
وَاْلمَجْنُوْنُ وَاْلمُغْمَى عَلَيْهِ إِذَا أَفَاقَا، وَاْلغُسْلُ عِنْدَ
اْلإِحْرَامِ، وَلِدُخُوْلِ مَكَّةَ، وَلِلْوُقُوْفِ بِعَرَفَةَ، وَلِلْمَبِيْتِ
بِمُزْدَلِفَةَ، وَلِرَمْيِ اْلجِمَارِ الثَّلَاثِ، وَلِلطَّوَافِ،
وَلِلسَّعْيِ، وَلِدُخُوْلِ مَدِيْنَةِ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ |
[1]
Mandi sebelum salah Jumat, [2] sebelum melaksanakan salah Idul Fitri dan [3]
Idul Adha, [4] sebelum salat istisqa’, [5] sebelum salat gerhana matahari,
[6] sebelum mengerjakan salat gerhana bulan, [7] setelah memandikan mayit,
[8] mandi bagi orang kafir yang baru masuk Islam, [9] mandi bagi orang gila
atau tidak sadarkan diri setelah sadar, [10] ketika hendak berihram, [11]
ketika hendak masuk kota Makah, [12] sebelum wuquf di Arafah, [13] ketika
hendak mabit di Muzdalifah, [14] sebelum melempar tiga jumrah, [15] sebelum
tawaf, [16] sebelum sa’i, dan [17] ketika hendak memasuki kota Madinah |
اْلمَسْحُ عَلَى اْلخُفَّيْنِ
(Mengusap Khuff)
فَصْلٌ: وَاْلمَسْحُ عَلَى اْلخُفَّيْنِ
جَائِزٌ بِثَلَاثَةِ شَرَائِط |
Mengusap
Khuff hukumnya boleh, dengan tiga syarat |
أَنْ يَبْتَدِئَ لَبْسُهُمَا بَعْدَ
كَمَالِ الطَّهَارَةِ، وَأَنْ يَكُوْنَا سَاتِرَيْنِ لِمَحَلِّ غَسْلِ اْلفَرْضِ
مِنَ اْلقَدَمَيْنِ، وَأَنْ يَكُوْنَا مِمَّا يُمْكِنُ تَتَابُعُ اْلمَشْيِ
عَلَيْهِمَا |
Pertama:
Seseorang mulai memakai khuff setelah dia bersuci dengan sempurna. Kedua:
Kedua khuff menutupi bagian kaki yang harus dibasuh saat berwudhu. Ketiga:
Kedua khuff kuat jika digunakan berjalan terus-menerus. |
:
مُدَّةُ اْلمَسْحِ
(Lama/Masa Mengusap Khuff)
Orang yang mukim
(tidak dalam perjalanan) boleh mengusap khuff selama satu hari satu malam,
sedangkaan orang yang sedang dalam perjalanan (musafir) boleh mengusap khuff
selama tiga hari tiga malam |
وَيَمْسَحُ
اْلمُقِيْمُ يَوْمًا وَلَيْلَةً، وَاْلمُسَافِرُ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ
بِلَيَالِيْهِنَّ |
Jangka waktu
mengusap dihitung sejak orang yang bersangkutan berhadas setelah dia memakai
khuff |
وَابْتِدَاءُ
اْلمُدَّةِ مِنْ حِيْن يُحْدِثُ بَعْدَ لَبْسِ اْلخُفَّيْنِ |
Jika dia mengusap
khuff saat dia mukim, kemudian dia melakukan perjalanan (menjadi musafir),
atau sebaliknya (dia mengusap khuff saat dia masih dalam perjalanan, kemudian
dia mukim di rumah), maka dia menyempurnakan mengusap khuff dengan hitungan
orang yang sedang mukim |
فَإِنْ مَسَحَ فِي
اْلحَضرِ ثُمَّ سَافَرَ أَوْ مَسَحَ فِي السَّفَرِ ثُمَّ أَقَامَ أَتَمَّ مَسْحَ
مُقِيْمٍ |
مُبْطِلَاتُ اْلمَسْحِ
(Hal-hal yang Membatalkan Mengusap Khuff)
وَيَبْطُلُ اْلمَسْحُ بِثَلَاثَةِ
أَشْيَاءَ: بِخَلْعِهِمَا، وَانْقِضَاءِ اْلمُدَّةِ، وَمَا يُوْجِبُ اْلغُسْلِ |
Mengusap
khuff menjadi batal karena tiga hal: Pertama, jika dia melepas khuff. Kedua,
jangka waktu mengusap telah habis. Ketiga, karena terjadi hal-hal yang
mewajibkan mandi |
التَّيَمُّمُ
(Tayamum)
فَصْلٌ: وَشَرَائِطُ التَّيَمُمِ خَمْسَةُ
أَشْيَاءَ |
Syarat
tayamum ada lima |
وُجُوْدُ اْلعُذْرِ بِسَفَرٍ أَوْ
مَرَضٍ، وَدُخُوْلُ وَقْتِ الصَّلَاةِ، وَطَلَبُ اْلمَاءِ وَتَعَذُّرُ
اسْتِعْمَالِهِ، وَإِعْوَازُهُ بَعْدَ الطَّلَبِ، وَالتُّرَابُ الطَّاهِرُ
الَّذِيْ لَهُ غُبَارٌ فَإِنْ خَالَطَهُ جِصٌّ أَوْ رَمْلٌ لَمْ يُجْزِ |
Pertama:
Adanya udzur, baik karena safar (bepergian) maupun sakit. Kedua: Masuknya
waktu salat. Ketiga:Tidak ada air atau tidak dapat menggunakan air. Keempat:
Tidak menemukan air setelah mencarinya. Kelima: Ada tanah yang suci yang
berdebu. Jika tanah tersebut tercampur dengan kapur atau pasir maka tidak
boleh digunakan tayamum. |
فَرَائِضُ التَّيَمُّمِ
(Fardhu-fardhu Tayamum)
وَفَرَائِضُهُ أَرْبَعَة أَشْيَاءَ:
اَلنِّيَّةُ، وَمَسْحُ اْلوَجْهِ، وَاْليَدَيْنِ مَعَ اْلمِرْفَقَيْنِ،
وَالتَّرْتِيْبُ. |
Fardhu
tayamum ada empat: Niat, mengusap wajah, mengusap kedua tangan sampai kedua
siku, dan tartib. |
سُنَنُ التَّيَمُّمِ
(Kesunahan-kesunahan Tayamum)
وَسُنَنُهُ ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ:
اَلتَّسْمِيَةُ، وَتَقْدِيْمُ اْليُمْنَى عَلَى اْليُسْرَى، وَاْلمُوَالَاةُ. |
Sunah
tayamum ada tiga: Membaca bismillah, mendahulukan anggota badan sebelah kanan
ketimbang anggota badan sebelah kiri, dan berkesinambungan (tidak terputus). |
مُبْطِلَاتُ التَّيَمُمِ
(Hal-hal yang Membatalkan Tayamum)
وَالَّذِيْ يُبْطِلُ التَّيَمُمَ
ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ: مَا أَبْطَلَ اْلوُضُوْءَ، وَرُؤْيَةُ اْلمَاءِ فِيْ
غَيْرِ وَقْتِ الصَّلَاةِ، وَالرِّدَّةُ. |
Hal-hal
yang membatalkan tayamum ada tiga: Pertama, hal-hal yang membatalkan wudhu.
Kedua, melihat air di luar waktu salat. Ketiga, murtad. |
اْلمَسْحُ عَلَى
اْلجَبِيْرَةِ
(Mengusap Perban / Pembalut Luka)
وَصَاحِبُ اْلجَبَائِرِ يَمْسَحُ عَلَيْهَا
وَلَا إِعَادَةَ عَلَيْهِ إِنْ كَانَ وَضَعَهَا عَلَى طُهْرٍ. |
Orang
yang memakai Jabirah (perban/pembalut luka) boleh mengusapnya dan tidak boleh
mengulanginya jika dia memakai jabirah saat suci. |
وَيَتَيَمَّمُ لِكُلِّ فَرِيْضَةٍ،
وَيُصَلِّي بِتَيَمُّمٍ وَاحِدٍ مَا شَاءَ مِنَ النَّوَافِلَ. |
Dia
harus bertayamum setiap kali hendak mengerjakan salat fardhu, dan boleh
mengerjakan salat sunah sebanyak-banyaknya dengan satu kali tayamum. |
أَنْوَاعُ النَّجَاسَاتِ
Macam-macam Najis
فَصْلٌ: وَكُلُّ مَائِعٍ خَرَجَ مِنَ
السَّبِيْلَيْنِ نَجَسٌ إِلَّا اْلمَنِيّ. |
Semua
cairan yang keluar dari dua lubang (kemaluan dan dubur) adalah najis, kecuali
mani. |
وَغَسْلُ جَمِيْعِ اْلأَبْوَالِ
وَاْلأَرْوَاثِ وَاجِبٌ إِلاَّ بَوْلَ الصَّبِيِّ الَّذِيْ لَمْ يَأْكُلُ
الطَّعَامَ فَإِنَّهُ يَطْهُرُ بِرشِّ اْلمَاءِ عَلَيْهِ. |
Membasuh
semua jenis air kencing dan tinja hukumnya wajib, kecuali air kencing bayi
laki-laki yang belum makan makanan. Air kencing bayi laki-laki yang belum
makan makanan menjadi suci hanya dengan menyiramkan air pada kencing
tersebut. |
وَلَا يُعْفَى عَنْ شَيْءٍ مِنَ
النَّجَاسَاتِ إِلَّا اْليَسِيْر مِنَ الدَّمِ وَاْلقَيْحِ. |
Semua
jenis najis, meskipun sedikit, tidak ditolerir, kecuali sedikit darah dan
nanah. |
وَمَا لَا نَفْسَ لَهُ سَائِلَةً
إِذَا وَقَعَ فِي اْلإِنَاءِ وَمَاتَ فِيْهِ فَإِنَّهُ لَا يُنَجِّسُهُ. |
Semua
binatang yang darahnya tidak mengalir, jika jatuh ke dalam wadah dan mati di
dalamnya, maka binatang tersebut tidak membuatnya menjadi najis. |
وَاْلحَيَوَانُ كُلُّهُ طَاهِرٌ
إِلاَّ اْلكَلْبُ وَاْلخِنْزِيْرُ وَمَا تَوَلَّدَ مِنْهُمَا أَوْ مِنْ
أَحَدِهِمَا. |
Semua
binatang suci kecuali anjing dan babi serta anak keduanya atau salah satunya. |
وَاْلمَيْتَةُ كُلُّهَا نَجَسَةٌ
إِلاَ السَّمَكُ وَاْلجَرَادُ وَاْلآدَمِيُّ. |
Semua
jenis bangkai hukumnya najis, kecuali ikan, belalang, dan bangkai manusia. |
وَيُغْسَلُ اْلإِنَاءُ مِنْ
وُلُوْغِ اْلكَلْبِ وَاْلخِنْزِيْرِ سَبْعَ مَرَّاتٍ إِحْدَاهُنَّ بِالتُّرَابِ |
Wadah
yang dijilat anjing dan babi harus dicuci tujuh kali, salah satunya
menggunakan debu. |
وَيُغْسَلُ مِنْ سَائِرِ
النَّجَاسَاتِ مَرَّةً تَأْتِي عَلَيْهِ وَالثَّلَاثَةُ أَفْضَلُ |
Adapun
untuk najis yang lain, cukup dicuci satu kali, tetapi lebih utama lagi jika
dicuci tiga kali. |
وَإِذَا تَخَلَّلَتِ اْلخَمْرَةُ
بِنَفْسِهَا طَهُرَتْ وَإِنْ خُلِّلَتْ بِطَرْحِ شَيْءٍ فِيْهَا لَمْ تَطْهُرْ |
Jika
arak telah berubah menjadi cuka dengan sendirinya, maka ia menjadi suci.
Namun jika arak dibuat cuka dengan cara menambahkan zat-zat tertentu, maka ia
tidak menjadi suci |
اْلحَيْضُ وَالنِّفَاسُ وَاْلإِسْتِحَاضَةُ
Haid, Nifas, dan Istihadhah
فَصْلٌ: وَيَخْرُجُ مِنَ اْلفَرْجِ
ثَلَاثَةُ دِمَاءٍ: دَمِ اْلحَيْضِ وَالنِّفَاسِ وَاْلإِسْتِحَاضَةِ |
Pasal:
Darah yang keluar dari farji ada tiga jenis: Darah haid, darah nifas, dan
darah istihadhah. |
فَاْلحَيْضُ هُوَ الدَّمُ اْلخَارِجُ
مِنْ فَرْجِ اْلمَرْأَةِ عَلَى سَبِيْلِ الصِّحَّةِ مِنْ غَيْرِ سَبَبِ
اْلوِلَادَةِ، وَلَوْنُهُ أَسْوَدُ مُحْتَدِمٌ لَذَّاعٌ. |
Darah
haid adalah darah yang keluar dari farji perempuan yang sehat dan tidak
karena melahirkan. Darah haid warnanya hitam pekat dan menyengat (panas). |
وَالنِّفَاسُ هُوَ الدَّمُ
اْلخَارِجُ عَقِبَ اْلوِلَادَةِ. |
Darah
nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan. |
وَاْلإِسْتِحَاضَةُ هُوَ الدَّمُ
اْلخَارِجُ فِي غَيْرِ أَيَّامِ اْلحَيْضِ وَالنِّفَاسِ. |
Sedangkan
istihadhah adalah darah yang keluar di luar masa haid dan nifas. |
وَأَقَلُّ اْلحَيْضِ يَوْمٌ
وَلَيْلَةٌ وَأَكْثَرُهُ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا وَغَالِبُهُ سِتٌّ أَوْ سَبْعٌ |
Lama
haid minimal sehari semalam, maksimal 15 hari, dan normalnya enam atau tujuh
hari. |
وَأَقَلُّ النِّفَاسِ لَحْظَةٌ
وَأَكْثَرُهُ سِتُّوْنَ يَوْمًا وَغَالِبُهُ أَرْبَعُوْنَ يَوْمًا. |
Darah
nifas minimal keluar satu kali, maksimal 60 hari, sedangkan biasanya 40 hari. |
وَأَقَلُّ الطُّهْرِ بَيْنَ
اْلحَيْضَتَيْنِ خَمْسَةَ عَشَرَ يَوْمًا وَلَا حَدَّ لِأَكْثَرِهِ. |
Masa
suci wanita dari haid satu ke haid yang lain minimal 15 hari, dan tidak ada
batas maksimalnya. |
وَأَقَلُّ زَمَنٍ تَحِيْضُ فِيْهِ
اْلمَرْأَةُ تِسْعُ سِنِيْنَ. |
Usia
minimal wanita haid adalah 9 tahun. |
وَأَقَلُّ اْلحَمْلِ سِتَّةُ
أَشْهُرٍ، وَأَكْثَرُهُ أَرْبَعُ سِنِيْنَ، وَغَالِبُهُ تِسْعَةُ أَشْهُرٍ. |
Lama
waktu hamil bagi wanita minimal adalah 6 bulan, maksimal 4 tahun, dan
normalnya 9 bulan. |
مَا يَحْرُمُ بِاْلحَيْضِ
وَالنِّفَاسِ
Hal-hal yang Diharamkan Karena Haid dan Nifas
ويَحْرُمُ بِاْلحَيْضِ وَالنِّفَاسِ
ثَمَانِيَةُ أَشْيَاءَ |
Wanita
yang sedang haid dan nifas diharamkan melakukan 8 hal: |
اَلصَّلَاةُ، وَالصَّوْمُ،
وَقِرَاءَةُ اْلقُرْآنِ، وَمَسُّ اْلمُصْحَفِ وَحَمْلُهُ، وَدُخُوْلُ
اْلمَسْجِدِ، وَالطَّوَافُ، وَاْلوَطْءُ، وَاْلاِسْتِمْتَاعُ بِمَا بَيْنَ
السُّرَّةِ وَالرُّكْبَةِ. |
Salat,
puasa, membaca Al-Quran, menyentuh dan membawa mushaf, masuk masjid, tawaf,
melakukan jimak, serta mencari kenikmatan dari area yang terletak diantara
pusar dan lutut. |
مَا يَحْرُمُ عَلَى اْلجُنُبِ
Hal-hal yang Diharamkan Bagi Orang yang sedang Junub
وَيَحْرُمُ عَلَى اْلجُنُبِ
خَمْسَةُ أَشْيَاءَ: اَلصَّلَاةُ، وَقِرَاءَةُ اْلقُرْآنِ، وَمَسُّ اْلمُصْحَفِ
وَحَمْلُهُ، وَالطَّوَافُ، وَاللُّبْثُ فِي اْلمَسْجِدِ. |
Orang
yang sedang junub diharamkan melakukan lima hal: Mengerjakan salat, membaca
Al-Quran, menyentuh dan membawa mushaf, tawaf, dan berdiam di masjid. |
مَا يَحْرُمُ عَلَى
اْلمُحْدِثِ
Hal-hal yang Diharamkan Bagi Orang yang Berhadas
وَيَحْرُمُ عَلَى اْلمُحْدِثِ
ثَلَاثَةُ أَشْيَاءَ: اَلصَّلَاةُ، وَالطَّوَافُ، وَمَسُّ اْلمـُصْحَفِ
وَحَمْلُهُ. |
Orang
yang berhadas diharamkan melakukan tiga hal: Salat, tawaf, serta menyentuh
dan membawa mushaf. |
0 Response to "TOHAROH TERJEMAH HAROKAT LENGKAP MATAN FATHUL QORIB"
Post a Comment