Indonesia punya EHang 216, Transportasi Masa Depan Bikin Tercengang

 Indonesia punya EHang 216, Transportasi Masa Depan Bikin Tercengang

Transportasi menjadi alat vital yang bisa menggerakan peradaban sebab ada banyak kegiatan kehidupan yang mengharuskan manusia berpindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lain.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin hari semakin meningkat, transportasi juga akan terus berkembang sesuai kebutuhan masyarakat saat ini hingga di masa depan nanti.

Di masa depan transportasi akan semakin futuristik dengan berbagai teknologi yang membuatnya kian cepat, ramah lingkungan dan bersahabat dengan manusia.




 Berikut 7 transportasi masa depan yang bakal bikin kalian tercengang.

1. Pop.Up Next

Kalian pernah mendengar tentang taksi terbang? Dulu mungkin masih kemustahilan, tapi di masa depan taksi terbang bukan lagi hal yang mencengangkan, sebab Paris telah melakukan inovasi bersama tiga perusahaan setempat yakni Airbus, Aeroports de Paris da Otoritas Transportasi Paris untuk mentransformasi transportasi ini menjadi taksi terbang yang mereka beri nama Pop.Up Next.

Pop.Up Next direncanakan hadir dalam turnamen olimpiade Paris 2024 sebagai transportasi yang membawa para penumpang dari Bandara Charles de Gaulle ke Kota Paris serta melayani para pengunjung yang akan menonton gelaran olimpiade,

Desain Pop.Up Next berbentuk seperti kapsul dengan dua Quadcopter yang muat untuk dua orang. Saat mendarat kendaraan secara otomatis lepas dari Quadcopter lalu mengantarkan penumpangnya hingga ke tujuan.

2. EHang 216

Bukan hanya Paris, Negara kita tercinta Indonesia juga memiliki terobosan baru dalam dunia transportasi masa depan yang diberi nama EHang 216.

EHang 216 ialah taksi terbang pertama Indonesia yang siap untuk menyambut perubahan zaman di masa depan. Transportasi milik Prestige Motorcars ini juga telah melakukan uji coba mengudara di Bali pada tahun 2021 silam.

Taksi terbang milik Indonesia ini diharapkan bisa melayani beberpapa penerbangan jarak singkat di Bali.

3. eVTOL


Selain Pop.Up Next di Paris dan EHang 216 di Indonesia, ada eVTOL dari Jepang yang akan menjadi salah satu transportasi udara masa depan yang dikembangkan oleh perusahaan startup di Tokyo, SkyDrive.

Elektrik Vertical Takeoff and Landing atau eVTOL berbentuk seperti drone yang ditahun 2018 versi awalnya telah diluncurkan.

Sebagai transportasi udara, eVTOL telah mendapat sertifikat dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepan atau MLIT. Sertifikat ini menegaskan bahwa desain, struktur, Kekuatan dan kinerja SD-03 eVTOL telah memenuhi syarat keselamatan maupun lingkungan yang memang dibutuhkan bagi pesawat-pesawat sejenis.

Dengan sertifikat ini pula, SkyDrive bisa mengkomersialkan pesawat bikinan mereka pada tahun 2025 mendatang.

4. Liberty

Tak mau kalah dengan Jepang, perusahaan asal benua Eropa PAL-V juga telah mengembankan transportasi udara mereka sendiri yang bernama Liberty.

Liberty merupakan kendaraan udara yang memiliki dua tempat duduk dan bisa melaju dengan kecepatan 180 KM per jam dengan jarak tempuh mencapai 400 KM.

Meski transportasi udara, Liberty telah mendapat izin dari Uni Eropa untuk bisa melaju di jalanan, bahkan tahun ini diperkirakan unit Liberty sudah mulai dikirimkan ke para konsumennya.

5. Hyperloop

Selain Transportasi udara, transportasi darat juga ikut mengalami perkembangan seperti Hyperloop yang telah dicetuskan oleh Elon Musk.

Hyperloop berbentuk seperti kapsul yang bertekanan rendah sehingga memungkinkannya untuk bergerak dengan kecepatan sangat tinggi.

Dari analisis awalnya, Rute Los Angeles ke Fransisco akan ditempuh dalam waktu 35 menit. Dengan kecepatan ini, berarti para penumpang Hyperloop nanti akan menempuh jarak 560 KM dengan kecepatan rata-rata 600 mph atau setara dengan 970 km per jam. Sementara jika dalam kecepatan penuh Hyperloop bisa bergerak dengan kecepatan 760 MPh atau 1.200 KM per jam.

6. Gyroscopic

Tak mau ketinggalan perusahaan asal Turki, Dahir Insaat juga telah mengembangkan transportasi masa depan yang futuristik bernama Gyroscopic.

Gyroscopic di masa depan akan menjadi transportasi perkotaan yang bisa menggantikan bus, trem, hingga troli. Kendaraan ini berbentuk seperti cakram berkerumun dengan roda yang ditinggalkan di atas lalu lintas dan tumpang tindih untuk membuat beberapa lapisan rute perjalanan.

Menurut perancangnya, Gyroscopic akan membuat transportasi perkotaan menjadi semakin efisien, ekonomis, nyaman, dan tentunya ramah lingkungan dengan panel surya sebagai sumber energinya.

Di bagian dalam tempat duduk penumpang di desain berbaris seperti di kereta bawah tanah maupun bus dengan sofa  serta televisi yang akan menjamin kenyamanan penumpang.

7. Median AMB

Tak hanya transportasi penumpang, di masa depan, ambulan juga ikut bertransformasi dan berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

Median AMB membuat ambulan tidak lagi harus memecah padatnya lalu lintas demi menyelamatkan pasien yang sedang dalam keadaan darurat.

Hal ini karena Ambulan akan memiliki ruang kosong sendiri yang disiapkan di jalur media jalan raya. Jalur inilah yang membuat ambulan bisa datang lebih cepat tanpa terhenti kemacetan pasien pun bisa mendapat penanganan dengan segara.

Itulah tadi beberapa transportasi masa depan yang akan menghiasi setiap sudut perkotaan yang sangat futuristik, aman, nyaman serta ramah lingkungan.

Mana yang paling kalian kalian tunggu kehadirannya? tulis di kolom komentar ya....

Terimakasih dan sampai jumpa di video selanjutnya.

0 Response to " Indonesia punya EHang 216, Transportasi Masa Depan Bikin Tercengang"

Post a Comment