Kekuatan AI dan Bahayanya Bagi Manusia

 Kekuatan AI dan Bahayanya Bagi Manusia

Artificial Intelligence atau Ai merupakan satu diantara banyak hasil pesatnya perkembangan teknologi. 

AI yang memiliki arti kecerdasan buatan ini sangat dekat dengan kehidupan manusia dan kerap kita temukan di mana-mana salah satunya di smartphone yang hampir dimiliki semua orang.

Selain smartphone, berbagai perusahaan teknologi besar dunia juga telah membuat atau merancang berbagai konsep teknologi berbasis AI yang akan mempermudah kehidupan manusia sebab AI memiliki beberapa kekuatan yang memungkinnya melakukan sesuatu dengan 3 konsep dasar yang ada di dalamnya. 

Pertama, Machine Learning atau pembelajar mesin yang bisa mempelajari bahasa pemrograman mengolahnya dan kemudian bertindak dari algoritma yang telah di tanam di dalamnya.

Kedua, Deep Learning atau pembelajaran mendalam. Setelah berhasil dengan uji coba tugas-tugas dasar maka secara sederhana AI juga mengalami proses belajar yang memungkinnya untuk meningkatkan kemampuan dalam proses pembelajaran mendalam.

Ketiga, Neural Network atau jaringan syaraf tiruan, dalam konsep ketiga ini AI bisa mengenal sebuah pola juga klasifikasi dan melakukan proses belajar yang lebih kompleks saling terhubung dengan beratus-ratus jaringan layaknya sistem saraf pada makhluk hidup.


Dengan semua konsep ini maka AI memiliki banyak keunggulan untuk merevolusi sistem kerja manusia dan tentu mempermudahnya. 

Berikut keunggulan AI untuk kehidupan manusia.

1. Mengurangi Human Error

Manusia tempat salah, sehingga tak jarang membuat beberapa kesalahan dalam pekerjaannya, misal salah menginput data maupun salah memperhitungkannya.

kehadiran AI membuat kesalahan manusia atau Human error dalam pekerjaan dapat diminimalisir  sehingga tak lagi memiliki banyak kesalahan.

2. Selalu Tersedia

Sebagai makhluk hidup ketahanan tubuh manusia memiliki batasan, oleh sebab itu pula jam kerja diadakan sehingga manusia tetap bisa beristirahat di tengah-tengah padatnya kesibukan.

Namun, hal ini tentu berpengaruh dengan kecepatan serta efektifitas kerja dengan AI pekerjaan bisa dilakukan 24 jam nonstop sebab ia selalu tersedia dan tidak membutuhkan istirahat layaknya manusia.

3. Mengurangi Resiko dalam Pekerjaan

Resiko dalam pekerjaan tentu saja ada, apalagi untuk mereka yang bekerja di sektor-sektor yang membahayakan.

Kehadiran AI bisa menggantikan manusia dalam pekerjaan-pekerjaan yang beresiko sehingga keselamatan para pekerja pun bisa  diminimalisir terjadinya.

Sebab jika AI yang terpapar akibat dari resiko ia hanya perlu diperbaiki, tidak seperti manusia yang harus mendapat perawatan medis, bahkan dalam resiko yang lebih tinggi dapat mengakibatkan kematian.

4. Membantu Pekerjaan Repetitif

kegiatan berulang dalam pekerjaan apapun dapat menumbuhkan kebosanan karena hal-hal yang monoton. Sayangnya hal ini tak bisa dihilangkan begitu saja.

Nah AI pun hadir untuk membantu masalah pekerjaan yang repetitif ini lewat otomatisasi berbagai pekerjaan yang diletakan dalam sistem pemrogramannya.

5. Memberi Banyak Penemuan Baru

Hadirnya Ai dalam berbagai lini bidang pekerjaan juga berkontribusi pada banyaknya penemuan-penemuan baru yang dihasilkan manusia lewat bantuan AI.

Sehingga trobosan-trobosan baru bisa terus tersaji yang semuanya bertujuan untuk memudahkan banyak pekerjaan manusia bahkan membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Selain 5 hal ini masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan AI yang bahkan bisa merontokan nalar manusia.

Namun, tak bisa dipungkiri juga kehadiran Ai juga memiliki dampak negatif yang bisa membahayakan manusia itu sendiri seperti dalam hal-hal berikut:

Sebelum lanjut videonya, jangan lupa subscribe channel Ghoffar 35 dan nyalakan lonceng notifikasinya, biar kamu gak ketinggalan info terbaru dari chanel ini

1. Meningkatkan Pengangguran

Setelah tadi kita tahu bahwa Ai bisa mempermudah pekerjaan manusia, yang selalu tersedia serta minim kesalahan, maka kehadiran AI lebih dibutuhkan untuk meningkatkan efektifitas pekerjaan tanpa membutuhkan banyak SDM.

Akibatnya, banyak lapangan pekerjaan yang digantikan Ai dan membuat pengangguran pun ikut meningkat. 

2. Pelanggaran Privasi

Sebuah makalah ilmiah yang berjudul The Malicious Use of Artificial Intelligence: Forecasting, Prevention and Mitigation dalam laporan ilmiahnya menyebutkan AI bisa mengancam keamanan digital yang berpotensi melakukan pelanggaran privasi.

Hal ini karena AI yang bisa dilatih dan belajar untuk melakukan banyak hal dan diantranta melakukan tindakan kriminal seperti meretas data base seseorang.

3. Senjata Otomatis.

Tak hanya bisa meretas, AI dalam bidang lain dapat memberikan ancaman yang lebih besar lagi bagi keberlangsungan hidup manusia.

Seperti saat AI diletakan dalam sebuah senjata yang kemudian diotomatisasi, meski AI cenderung memiliki sedikit kesalahan, tetapi sedikit kesalahan itu pula lah yang bisa membahayakan.

Bayangkan jika AI ditanamkan dalam senjata Rudal yang ketika terjadi kesalahan dapat memicu pergerakan sistem yang secara otomatis menerbangkan rudal tanpa tahu tujuan serta akibatnya.

4. Bias Algoritma 

Sejatinya AI hanyalah teknologi buatan manusia, oleh sebab itu bisa saja memiliki bias algoritma yang dapat mengakibatkan kesenjangan sosial, sebab penciptanya memiliki objektivitas tersendiri.

Objektivitas para pengembang AI inilah yang mempengaruhi bias algoritma dalam penerapannya di kehidupan maupun pekerjaan sehari-hari.

5. Deepfake 

salah satu produk dari AI adalah Deepfake yang dipakai untuk mengubah wajah hingga suara dalam sebuah video. 

Seiring dengan perkembangan teknologi dan AI yang semakin cerdas, deepfake pun berkembag sehingga membuat video-video yang diubah menggunakan AI dalam deepfake semakin terlihat asli dan tidak dibuat-buat lagi.

Jika berkelanjutan, tentu hal ini bisa merugikan beberapa pihak karena bisa saja mengalami fitnah telah melakukan pelanggaran Moral yang sejatinya tidak ia lakukan.

Yaaa itulah tadi keunggulan dan bahaya AI dalam kehidupan manusia yang bisa kita manfaatkan dan antisipasi kekacauan. Terimakasih telah menonton video ini, jika kalian ada kritik dan saran langsung aja tulis di kolom komentar yaaa, dan see you di video selanjutnya


0 Response to "Kekuatan AI dan Bahayanya Bagi Manusia"

Post a Comment